Kamis, 29 Maret 2012

Contoh Teks Pidato: Lingkungan Sekolah yang Kondusif untuk Proses Belajar Mengajar

Saya membuat teks pidato ini ketika SMA dulu. Semoga bermanfaat....




Lingkungan Sekolah yang Kondusif untuk Proses Belajar Mengajar

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang terhormat Ibu/Bapak  selaku kepala sekolah SMA …, bapak/ibu majelis guru dan karyawan tata usaha. Serta teman-teman seperjuangan yang saya sayangi.

            Puji dan syukur kepada Allah SWT karena telah memberi keselamatan sehingga kita dapat hadir di ruangan ini. Salawat dan salam kepada nabi besar Muhammad SAW yang membawa perubahan untuk kehidupan umat. Pada hari ini saya akan menyampaikan pidato yang berjudul lingkungan sekolah yang kondusif untuk proses belajar mengajar.

            Kondusif adalah suasana dimana seseorang merasa nyaman untuk melakukan suatu kegiatan. Lingkungan sekolah yang kondusif untuk proses belajar mengajar adalah suasana sekolah dimana seseorang merasa nyaman dan senang untuk menerima pelajaran yang diberikan oleh pengajar. Namun, masih banyak lingkungan sekolah yang kurang kondusif untuk proses belajar mengajar tersebut. Berikut ini adalah cara untuk membuat lingkungan sekolah yang kondusif untuk proses belajar mengajar. Pertama, membuat kelas menjadi bersih. Bersih berarti terbebas dari kotoran atau tidak terdapat debu. Sebuah sekolah dikatakan sekolah yang kondusif untuk proses belajar mengajar adalah sekolah yang bersih. Sekolah yang mempunyai kelas-kelas yang bersih, jendela kelas yang tidak kotor, lantai yang dipel setiap minggu, dll. Hal ini dapat terwujud karena telah dibentuk piket harian untuk menjaga kebersihan kelas tersebut. Alhamdulillah semua kelas di SMA telah memiliki piket harian untuk menjaga kebersihkan setiap kelas. Hal ini juga didukung dengan dibentuknya seksi kebersihan oleh wali kelas. Kedua, membuat kelas menjadi indah. Indah berarti enak dilihat oleh mata. Kelas yang indah adalah kelas yang mempunyai susunan meja dan kursi yang rapi, dinding kelas yang bersih, taman bunga yang terdapat di depan dan di belakang kelas, dll. Taman bunga tersebut menambah keindahan kelas di SMA . Untuk menjaga taman bunga tetap indah diperlukan kerja sama antara wali kelas dan siswa-siswi. Selain itu dibentuklah seksi keindahan yang bertanggung jawab atas keindahan kelas. Ketiga, membuat kelas menjadi lebih sehat. Hal ini dapat terwujud apabila kelas telah bersih dan indah. Karena dengan sendirinya kesan sehat dan nyaman akan diperoleh apabila kebersihan dan keindahan kelas dapat dijaga. Dan kelas yang kondusif untuk proses belajar mengajar terpenuhi.

            Jadi, lingkungan sekolah yang kondusif untuk proses belajar mengajar dapat tercipta apabila ruangan kelas selalu bersih, kelas tertata rapi dengan taman bunga yang semakin memperindah kelas, dan lingkungan kelas yang sehat. Untuk menciptakan kelas yang kondusif ini, marilah kita menjaga agar kelas terjaga kebersihannya. Dengan cara tidak meninggalkan tugas piket. Marilah kita menjaga keindahan taman bunga, dengan cara merawat dan menjaga taman tersebut. Marilah kita mejaga lingkungan sehat di dalam kelas dengan cara menjaga kebersihan dan keindahan kelas kita. Demikian pidato yang dapat saya sampaikan. Maaf untuk kesalahan yang disengaja ataupun tidak sengaja. Terima kasih untuk perhatian teman-teman.

Assalammualaikum warahmatullahi wabarakatuh.



icha22madhen
                                                                                                                                            XII IA 3

1 komentar:

  1. good job, teruskan keahlian berpidato semoga menjadi orator yang ulung

    BalasHapus